Kamis, 24 September 2009

Facebook Tahu Anda Homo


Dua lulusan MIT menciptakan software yang bisa mengetahui user Facebook homoseksual atau tidak. Proyek Gaydar meneliti daftar teman Facebook dan dapat menentukan berdasarkan pertemanan apakah subyek adalah seorang homoseksual.

Ini berarti, jika seorang pria walaupun tidak menuliskan orientasi seksual di halaman Facebook tetapi memiliki banyak teman gay, menurut penelitian ini maka akan dianggap seorang gay.



Carter Jernigan dan Behram Mistree menganalisa link teman dari 1.544 pria yang mengatakan kalau mereka normal, 21 orang menyatakan biseksual, dan 33 orang yang menyatakan gay.

"Seorang gay memiliki lebih banyak teman-teman gay daripada laki-laki normal. Program komputer dapat menyimpulkan seksualitas seseorang berdasarkan teman-teman mereka," katanya seperti dilaporkan Boston Globe.

Menggunakan data tersebut, Jernigan dan Mistree kemudian melakukan analisis yang sama pada 947 orang-orang yang tidak mencantumkan orientasi seksualitas pada profil Facebook mereka. Mereka menemukan sebanyak 10 orang diperkirakan seorang gay lewat program ini.

Para skeptis menilai studi ini bisa menyebabkan orang-orang takut, informasi pribadinya secara sengaja tidak terungkap di web. [via]
Bookmark and Share
share

2 komentar:

MARI BERBAGI...TINGGALKAN KOMENTAR DI SINI...!